CONTOH LAPORAN PRAKTEK TKJ SMKN 1 KEFAMENANU
PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN BELU
NAMA :GERARDUS SILA
KELAS :XI
NIS :
TEKNIK KOMPUTER DAN
JARINGAN
SMK EGERI 1 KEFAMENANU
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
LEMBARAN PENGESAHAN
Disetujui untuk dilaporkan dihadapan tim penguji
prestasi akademik program studi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) pada Sekolah Menengah Kejuruan SMK Negeri 1
Kefamenanu dengan judul (PENCETAKAN KTP -EL) pada KANTOR
DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BELU Oleh,GERARDUS SILA ini telah ditetapkan di hadapan
Dewan penguji pada tanggal Mei 2018
Pembimbing Sekolah Pembimbing Laporan
CHARLUS S. RADJA,S.Pd JAKULINA G. HALEK S.IP
NIP:19810907 200804 1 002 NIP:19700227 199803 2 003
Pembina
Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Drs.WILIBRODUS LETO
NIP:19591019 198703 1 012
Mengetahui Kepala Bidang MENGESAHKAN
Teknik Komputer dan Jaringan Kepala SMK Negeri 1 Kefamenanu
CHARLUS S. RADJA. S.Pd Dra.YOHANA G. KAPITAN
NIP:19810907 200804 1 002
NIP:19651208 199512 2 003
KATA
PENGANTAR
Puji syukur
penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan
rahmat-Nya,saya selaku penulis dapat menyelesaikan laporan pelaksaan Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN) yang berlokasikan dijalan:Adisucipto tenukiik tepat
pada waktuya dan sesuai dengan apa yang didapat oleh penulis selama kurang
lebih empat bulan,dimana pelaksanaan dimulai dari tanggal 10 Januari 2019
sampai 10 Mei 2019
Laporan ini
disusun dengan maksud untuk melengkapi persyaratan dalam menyelesaikan
pendidikan di SMK Negeri 1 Kefamenanu di samping itu, laporan ini juga digunakan
sebagai bahan evaluasi untuk memberikan penilaian terhadap penulis dan juga
sebagai perbandingan dengan kerja yang telah dilakukan dan digunakan sebagai
bahan referensi untuk angkatan penerus dalam pembuatan laporan selanjutnya.
Dalam pembuatan
laporan ini penulis dapat menyelesaikan laporan ini karena batuan dari pihak
pihak yang terkait.Karena itu dalam laporan ini penulis ingin mengucapkan
terima kasih kepada semua yang sudah membantu diantaranya:
1.
TUHAN yang telah memberikan
karunia-Nya sehingga penulis menyelesaikan kegiatan prakerin dan
laporan ini dengan cepat.
2.
Kedua Orang Tua penulis yang telah
memberikan dorongan dan motivasi baik moral,spiritual maupun material.
3.
Ibu Dra.Yohana G. Kapitan selaku
sebagai Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kefamenanu.
4.
Semua Bapak dan Ibu Guru SMK N egeri
1 Kefamenanu yang telah memberikan nasehat-nasehat dan ilmu yang sangat
berguna, yang akan penulis jadikan sebagai bekal pada saat melaksanakan
kegiatan Prakerin.Dan Bapak Yulius Ngorong, yang telah mengantar siswa-siswi
prakerin ke tempat prakerin.
5.
Bapak Drs.Wilibrodus Leto yang
berkenan menerima dan mengijinkan untuk melaksanakan kegiatan PRAKERIN.
6.
Teman-teman SMK Negeri 1 Kefamenanu
Terimakasih karena sudah banyak membantu kami dalam melaksanakan PRAKERIN dan
saling berbagi ilmu selama kurang lebih tiga bulan.
Penulis menyadari, dengan
keterbatasan ilmu yang di miliki serta keterbatasan waktu dalam pelaksanaan
prakerin dengan berbagi kegiatan yang di lapangan ataupun diruangan, lapangan
ini tentu jauh dari sempurna.Untuk itulah penulis mengharapkan sumbangan saran,
kritik maupun masukan dari pembaca yang sifatnya membangun.
Penulis berharap semoga lapangan
yang telah disusun ini bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi siswa/siswi
SMK Negeri 1 Kefamenanu sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi atas
pelaksanaan prakerin dan dapat digunakan untuk menambah pengetahuan dalam
bidang pelayanaan Umum kepada masyarakat pada umumnya dan Teknik Komputer Dan
Jaringan pada khususnya.
DAFTAR ISI
Halaman Judul..........................................................i
Lembar Pengesahan....................................................ii
Kata Pengantar..............................................................iii
Daftar Isi..........................................................................iv
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Kegiatan PRAKERIN..............1
1.2 Batasan masalah................................................
1.3 Tujuan Kegiatan PRAKERIN............................
1.4 Tujuan Penulisan Laporan..................................
1.5 Waktu dan Tempat Kegiatan PRAKERIN..........
...............................................
.....5 BAB
II GAMBARAN UMUM TEMPAT PRAKERIN
2.1 Sejarah singkat Objek
Prakerin................
2.2 Visi
Misi..................................................
2.3 Struktur Organisasi...................................
BAB III KEGIATAN PRAKERIN
3.1 pengertia KTP EL...............................
3.2 FUNGSI ...............................
3.3
syarat................................
3.4 tujuan atau manfaat......................
BAB
IV PEMBAHASAN
4.1
pencetakan KTP-EL........................
BAB
V PENUTUP
5.1
kesimpulan................................
5.2 saran.............................................
LAMPIRAN
Jurnal................................
Atambua,
1 Februari 2018
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Kegiatan Prakerin
Praktek kerja Industri merupakan salah satu
program pendidikan diluar Sekolah dimana siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan dapat terjun langsung pada dunia kerja untuk mengembangkan ketrampilannya Praktek Kerja Industri juga merupakan suatu program untuk meningkatkan mutu pendidikan Praktek Kerja Indusri juga dilaksanakan dengan maksud untuk menerapkan segalah teori
yang telah diperoleh di
sekolah sehinga ada keterpaduan antara teori dan praktek
yang dapat menghasilkan pengalaman yang baru bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang melakukan praktek
Menyadari
pentingnya hal tersebut maka pemerintah Indonesia telah melalukan berbagai upaya dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan, karena
pendidikan merupakan fondasi demi mewujudkan pembangunan di segala bidang
kehidupan
Dengandemikian, Praktik kerja Industri dapat menambah bekal dan memperoleh nilai tambah dalamhal ketrampilan dan keahlian dari pekerjaan sebagai bekal masa depan yang akan datang
1.2
Batasan
Masalah
Masalah yang akan di bahas adalah : pencetakan
KTP elektonik
1.3
Tujuan
Sesuai dangan Kepmendikbud RI No :
223/U/1997, Bab II pasal 2 ayat 1-5 bahwa PRAKERIN bertujuan:
a.
Meningkatkan Mutu dan
Relevansi Pendidikan kejuruan melalui peran serta institusi pasangan
b.
Menghasilkan tamatan
yang berpengetahuan, keterampilan dan sikap etos kerja yang sesuai dengan
tuntutan lapangan kerja
c.
Menghasilkan tamatan
yang berpengetahuan, keterampilan dan sikap etos kerja yang dapat menjadi bekal
dasar pengembangan dirinya secara berkrlanjutan
d.
Memberi pengakuan dan
penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai pendayagunaan dan proses
pendidikan
e.
Meningkatkan evisiensi
penyelenggaraan pendidikan menengah kejuruan melalui pendayagunaan Sumber Daya
Manusia (SDM) yang ada di dunia kerja
1.4
SISTIMATIKA
LAPORAN
Adapun penyusunan Laporan ini di gunakan
sistimatika penulisan Laporan sebagai berikut:
Bab
I Pendahuluan meliputi: Latar Belakang, Tujuan PRAKERIN, Tujuan Penulisan
Laporan dan Sistimatika Laporan
Bab
II Uraian Umum meliputi: Struktur Organisasi dan Tugas-Tugas Kantor
Bab
III Pelaksanaan Kegiatan Kompetensi
Bab
IV Penutup meliputi: Kesimpulan, Saran, dan Daftar Kepustakaan
1.5
Waktu
dan Tempat Pelaksanaan Prakerin
Ø Tempat
Prakerin : DINAS KEPENDUDUKAN DAN
CATATANSIPIL
Alamat : Adi Sucipto – Tenukiik
ATambua
Telp /Fax : 0389 – 2513633 / 21756
Waktu Pelaksanaan : 4 Bulan (10 Januari 2019 s/d 10 Mei 2019)
Ø Hari
Kerja :
Senin- Jumat : Pukul 07 30 - 15 00 WITA
Sabtu : Pukul 07 30 - 01 00
WITA
Ø Disiplin
Pakaian :
· Senin
– Sabtu : Seragm Praktek
BAB
II
GAMBARAN
UMUM TEMPAT PRAKERIN
2.1
Sejarah
Singkat Objek Prakerin
Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan
Sipil terletak di jl Basukirachmat no 2, kecamatan Kota Atambua merupakan
bagian integral dan terpenting dalam pembangunan nasional. Tujuan
diselenggarakannya pembangunan Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil
sebagaimana diamanatkan dalam UU RI nomor 23 Tahun 2006 adalah memberikan
perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan status hukum Setiap
peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami oleh penduduk yang
berada di dalam dan/atau diluar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
Untuk memberikan perlindungan dan
pengakuan status pribadi dan status hukum setiap peristiwa kependudukan dan
peristiwa penting lainnya yang dialami penduduk pada masa yang akan datang
secara berhasil guna, maka diperlukan Rencana Strategis (Renstra) Dinas
Kependudukan dan Catatan Sipil Menurut peraturan pemerintah Nomor 8 Tahun 2008
tentang Tahapan, Tata Cara Penyusutan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan
Rencana Pembangunan Daerah Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah
(SKPD) adalah dokumen perencanaan SKPD untuk periode lima tahun Renstra SKPD
merupakan dokumen perencanaan yang bersifat indikatif yang memuat Visi, Misi, Tujuan,
Strategi, Kebijakan, dan program-program pembangunan Bidang Kependudukan dan
Catatan Sipil sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri
nomor 54 tahun 2010 yang akan dilaksanakan langsung oleh SKPD maupun dengan
mendorong peran aktif masyarakat untuk kurang waktu 2011-2015.
2.2
Visi
dan Misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
2.2.1 Visi
Setelah melakukan analisis yang
komprehensif dengan merujuk pada visi, misi, dan arah kebijakan pemerintah
kabupaten bel, maka dinas kependudukan dan pencatatan sipil merumuskan visi”
tertib administasi kependudukan dengan pelayanan prima menuju penduduk
berkwalitas tahun 2018
2.2.2 Misi
Untuk mewujudkan visi yang di rumuskan, maka
perlu di jabarkan dalam misi dinas kependudukan dan pencatatan sipil sebagai
berikut:
1
Mengembangkan kebijakan dan sistem
penyelengaraan pendaftaran penduduk, menerbitkan identitas bukti diri dan
melagalisasikan perubahan status dalam rangka mewujudkan tertib administrasi
kependudukan
2
Mengembangkan dan memadukan kebijakan pengelolaan informasi hasil pendaftaran
penduduk dan pencatatan sipil sehingga mampu menyediakan data dan informasi
kependudukan secara lengkap, akurat dan mutakhir yang di daya gunakan untuk
kepentingan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan
3
Mengembangkan pranata hukum, kelembagaan
serta peran serta masyarakat untuk mendukung proses pendaftaran penduduk, pencatatan
sipil dan pengelolaan informasi kependudukan guna memberikan kepastian dan
perlindungan sesuai hak-hak penduduk
4
Merumuskan kebijakan pengembangan
kependudukan yang serasi, selaras dan seimbang antara jumblah atau pertumbuhan
penduduk, kwalitas serta penyebaranya dengan memperhatikan daya dukungalam dan
daya tampung lingkungan
5
Menyusun perencanaan kependudukan
sebagai dasar penyusunan perencanaan dan perumusan kebijakan daerah yang
berorientasipada peningakatan kesejatraan penduduk melalui peningkatan
kesadaran masyarakat akan pentingnya administrasi kependudukan
2.3 StrukturOrganisasi
BAB
III
LANDASAN TEORI
3.1
Pengertian KTP-EL
KTP-EL merupakan dokumen
kependudukan yang memuat system keamanan / pengendalian baik dari sisi
administrasi ataupun teknologi informasi yang berbasis pada database
kependudukan nasional
3.2
Fungsi
KTP-EL
1.
Sebagai
identitas jati diri
2.
Berlaku
nasional, sehingga tidak perlu lagi membuat KTP lokal untuk pengurusan izin,
pembukaan rekening Bank, dan sebagainya
3.
Mencegah
KTP ganda dan pemalsuan KTP
4.
Terciptanya
keakuratan data penduduk untuk mendukung program pembangunan
3.3 Syarat
- Melakukan
Perekaman KTP-EL
- Foto kopi kartu
keluarga (KK)
- Foto
copy ijazah bagi yang nama atau tempat tanggal lahirnya tidak sesuai
dengan KK
3.4
Tujuan atau
manfaat KTP-EL
1. Identitas jati diri tunggal
2. Tidak dapat di palsukan
3. Tidak dapat di gandakan
4. Dapat dipakai sebagai kartu suara dalam pemilu dan
pilkada
BAB IV
PEMBAHASAN
3.5 Langkah – Langkah
pencetaka
E-KTP
1. Buka
aplikasi BCardMenagement
2. Gunakan user
dan password
misalkan
username: ratna
password:123456.
5. Tampil
aplikasi BCardmenagement untuk memulai pencetakan, klik menu perekaman data ke
chip dan personalisasi
7. Letakan
balangko KTP –el diatas smardcard kemudian klik menu personalisasi tungguh
beberapa saat kemudian akan muncul sebuah pesan seperti gambar di bawa ini lalu
klik (OK)
8. kemudian pilih menu
cetak tungguh muncul tulisan “tampilan kartu ke page printer untuk pencetakan
kartu
9. letakan
balanko KTP elektronik ke dalam printer pencetak dengan posisi symbol garuda
menghadap ke atas kemudian klik ok
10. selanjutnya
pada layar monitor muncul tampilan print baru kemudian klik pada symbol printer
untuk mencetak
BAB
V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Dengan adanya prakek kerja industri
penulis dapat memperoleh manfaat dari pengalaman selama menghadapi praktek
kerja industri Adapun pengalaman yang penulis dapat yaitu, pencetakan KTP
elektronik. Dari pengalaman – pengalaman tersebut penulis dapat belajar
bagaimana bekerja yang sebenarnya dalam dunia perkantoran
KTP elekronik diterbikan oleh kantor
dinas kependudukan
5.2 Saran
Mengingat masih adanya banyak kekurangan
dari pihak sekolah, maka penulis menyarankan agar dari pihak sekolah dapat
mennyiapkan pelatihan yang produktif disekolah guna membantu siswa/siswi dalam
memasuki UAN serta mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian praktik produktif
Ø
Membangun Positif
5.2.1
Untuk
Kantor
Apabila
pada waktu mendatang ada siswa/siswi SMKN 1 Kefamenanu yang mengadakan kegiatan
PRAKERIN di lembaga ini, maka diharapkan agar dapat diberi tugas yang lebih
banyak untuk dapat menambah wawasan serta pengalaman yang bermanfaat bagi masa
depan mereka.
5.2.2
Untuk
Pihak Sekolah
Membantu
adik-adik kelas X untuk lebih mempersiapkan diri sebelum turun ke PRAKERIN
dengan menyediakan sarana sesuai kebutuhan bidang keahlian yang dipilih
siswa-siswi untuk praktek disekolah di sertai pula dengan waktu yang cukup dan
biaya yang dipungut dari siswa-siswi agar digunakan sesuai peruntukkannya
sehingga kedua belah pihak dapat memperoleh keuntungan.
5.2.3
Untuk
Peserta Prakerin
Bagi
para peserta PRAKERIN semoga apa yang telah kita dapati didunia DUDI dapat kita
gunakan sebagai bekal masa depan kita yang lebih baik juga dapat mendorong kita
untuk semakin giat belajar untuk mempersiapkan diri kita masing-masing dalam
menghadapi Ujian Akhir Nasional.
Komentar
Posting Komentar