CONTOH LAPORAN PRAKTEK TKJ SMKN 1 KEFAMENANU

LAPORAN PRAKERIN

PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN BELU



NAMA        :GERARDUS SILA
KELAS       :XI
NIS             :

TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SMK EGERI 1 KEFAMENANU
TAHUN PELAJARAN 2018/2019




LEMBARAN PENGESAHAN

Disetujui untuk dilaporkan dihadapan tim penguji prestasi akademik program studi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) pada Sekolah Menengah Kejuruan SMK  Negeri 1 Kefamenanu dengan judul (PENCETAKAN KTP -EL) pada KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BELU Oleh,GERARDUS SILA  ini telah ditetapkan di hadapan Dewan penguji pada tanggal    Mei 2018

                        Pembimbing Sekolah                                        Pembimbing Laporan


                     CHARLUS S. RADJA,S.Pd                        JAKULINA G. HALEK S.IP
                     NIP:19810907 200804 1 002                        NIP:19700227 199803 2 003

 Pembina
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil


Drs.WILIBRODUS LETO
NIP:19591019 198703 1 012

            Mengetahui Kepala Bidang                                             MENGESAHKAN
        Teknik Komputer dan Jaringan                             Kepala SMK Negeri 1 Kefamenanu

           
            CHARLUS S. RADJA. S.Pd                                Dra.YOHANA G. KAPITAN
            NIP:19810907 200804 1 002                                  NIP:19651208 199512 2 003









KATA PENGANTAR
                                                                                                                                                                                                          
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmat-Nya,saya selaku penulis dapat menyelesaikan laporan pelaksaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) yang berlokasikan dijalan:Adisucipto tenukiik tepat pada waktuya dan sesuai dengan apa yang didapat oleh penulis selama kurang lebih empat bulan,dimana pelaksanaan dimulai dari tanggal 10 Januari 2019 sampai 10 Mei 2019

Laporan ini disusun dengan maksud untuk melengkapi persyaratan dalam menyelesaikan pendidikan di SMK Negeri 1 Kefamenanu di samping itu, laporan ini juga digunakan sebagai bahan evaluasi untuk memberikan penilaian terhadap penulis dan juga sebagai perbandingan dengan kerja yang telah dilakukan dan digunakan sebagai bahan referensi untuk angkatan penerus dalam pembuatan laporan selanjutnya.

Dalam pembuatan laporan ini penulis dapat menyelesaikan laporan ini karena batuan dari pihak pihak yang terkait.Karena itu dalam laporan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada semua yang sudah membantu diantaranya:
1.      TUHAN yang telah memberikan karunia-Nya sehingga penulis menyelesaikan kegiatan prakerin  dan laporan ini dengan cepat.
2.      Kedua Orang Tua penulis yang telah memberikan dorongan dan motivasi baik moral,spiritual maupun material.
3.      Ibu Dra.Yohana G. Kapitan selaku sebagai Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kefamenanu.
4.      Semua Bapak dan Ibu Guru SMK N egeri 1 Kefamenanu yang telah memberikan nasehat-nasehat dan ilmu yang sangat berguna, yang akan penulis jadikan sebagai bekal pada saat melaksanakan kegiatan Prakerin.Dan Bapak Yulius Ngorong, yang telah mengantar siswa-siswi prakerin ke tempat prakerin.
5.      Bapak Drs.Wilibrodus Leto yang berkenan menerima dan mengijinkan untuk melaksanakan kegiatan PRAKERIN.
6.      Teman-teman SMK Negeri 1 Kefamenanu Terimakasih karena sudah banyak membantu kami dalam melaksanakan PRAKERIN dan saling berbagi ilmu selama kurang lebih tiga bulan.
            Penulis menyadari, dengan keterbatasan ilmu yang di miliki serta keterbatasan waktu dalam pelaksanaan prakerin dengan berbagi kegiatan yang di lapangan ataupun diruangan, lapangan ini tentu jauh dari sempurna.Untuk itulah penulis mengharapkan sumbangan saran, kritik maupun masukan dari pembaca yang sifatnya membangun.
Penulis berharap semoga lapangan yang telah disusun ini bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi siswa/siswi SMK Negeri 1 Kefamenanu sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi atas pelaksanaan prakerin dan dapat digunakan untuk menambah pengetahuan dalam bidang pelayanaan Umum kepada masyarakat pada umumnya dan Teknik Komputer Dan Jaringan pada khususnya.




















DAFTAR ISI

Halaman Judul..........................................................i 
Lembar Pengesahan....................................................ii
Kata Pengantar..............................................................iii
Daftar Isi..........................................................................iv

BAB  1 PENDAHULUAN
           1.1  Latar Belakang Kegiatan PRAKERIN..............1
                        1.2  Batasan masalah................................................
                        1.3  Tujuan Kegiatan PRAKERIN............................
                        1.4  Tujuan Penulisan Laporan..................................
                        1.5  Waktu dan Tempat Kegiatan PRAKERIN..........

...............................................
.....5     BAB II  GAMBARAN UMUM TEMPAT PRAKERIN
                        2.1  Sejarah singkat Objek Prakerin................
                        2.2  Visi Misi..................................................                 
                        2.3  Struktur Organisasi...................................

           











          BAB III KEGIATAN PRAKERIN
                        3.1  pengertia KTP EL...............................
                        3.2  FUNGSI ...............................
                        3.3 syarat................................
                        3.4  tujuan atau manfaat......................

                       
            BAB IV PEMBAHASAN
                        4.1 pencetakan KTP-EL........................
           
            BAB V PENUTUP
                        5.1 kesimpulan................................
                        5.2 saran.............................................
            LAMPIRAN
            Jurnal................................


                                                                                                Atambua, 1 Februari 2018
                                                                                               
                                                                                                        
                                                                                                            Penulis





BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang Kegiatan Prakerin
Praktek kerja Industri merupakan salah satu program pendidikan diluar Sekolah dimana siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan dapat terjun langsung pada dunia kerja untuk mengembangkan ketrampilannya Praktek Kerja Industri juga merupakan suatu program untuk meningkatkan mutu pendidikan Praktek Kerja Indusri juga dilaksanakan dengan maksud untuk menerapkan segalah teori yang telah diperoleh di sekolah sehinga ada keterpaduan antara teori dan praktek yang dapat menghasilkan pengalaman yang baru bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang melakukan praktek
Menyadari pentingnya hal tersebut maka pemerintah Indonesia telah melalukan berbagai upaya dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan, karena pendidikan merupakan fondasi demi mewujudkan pembangunan di segala bidang kehidupan
Dengandemikian, Praktik kerja Industri dapat menambah bekal dan memperoleh nilai tambah dalamhal ketrampilan dan keahlian dari pekerjaan sebagai bekal masa depan yang akan datang


1.2         Batasan Masalah
Masalah yang akan di bahas adalah : pencetakan KTP elektonik



1.3         Tujuan
Sesuai dangan Kepmendikbud RI No : 223/U/1997, Bab II pasal 2 ayat 1-5 bahwa PRAKERIN bertujuan:
a.         Meningkatkan Mutu dan Relevansi Pendidikan kejuruan melalui peran serta institusi pasangan
b.        Menghasilkan tamatan yang berpengetahuan, keterampilan dan sikap etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja
c.         Menghasilkan tamatan yang berpengetahuan, keterampilan dan sikap etos kerja yang dapat menjadi bekal dasar pengembangan dirinya secara berkrlanjutan
d.        Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai pendayagunaan dan proses pendidikan
e.         Meningkatkan evisiensi penyelenggaraan pendidikan menengah kejuruan melalui pendayagunaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di dunia kerja







1.4         SISTIMATIKA LAPORAN
Adapun penyusunan Laporan ini di gunakan sistimatika penulisan Laporan sebagai berikut:
Bab I Pendahuluan meliputi: Latar Belakang, Tujuan PRAKERIN, Tujuan Penulisan Laporan dan Sistimatika Laporan
Bab II Uraian Umum meliputi: Struktur Organisasi dan Tugas-Tugas Kantor
Bab III Pelaksanaan Kegiatan Kompetensi
Bab IV Penutup meliputi: Kesimpulan, Saran, dan Daftar Kepustakaan







1.5         Waktu dan Tempat Pelaksanaan Prakerin
Ø  Tempat Prakerin      : DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATANSIPIL
Alamat                     : Adi Sucipto – Tenukiik ATambua
Telp /Fax                 : 0389 – 2513633 / 21756
Waktu Pelaksanaan  : 4 Bulan (10 Januari 2019 s/d 10 Mei 2019)
Ø  Hari Kerja               :
Senin- Jumat            : Pukul 07 30 - 15 00 WITA
Sabtu                       : Pukul 07 30 - 01 00 WITA
Ø  Disiplin Pakaian :
·      Senin – Sabtu      : Seragm Praktek

























BAB II
GAMBARAN UMUM TEMPAT PRAKERIN

2.1         Sejarah Singkat Objek Prakerin  
Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terletak di jl Basukirachmat no 2, kecamatan Kota Atambua merupakan bagian integral dan terpenting dalam pembangunan nasional. Tujuan diselenggarakannya pembangunan Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil sebagaimana diamanatkan dalam UU RI nomor 23 Tahun 2006 adalah memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan status hukum Setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami oleh penduduk yang berada di dalam dan/atau diluar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
Untuk memberikan perlindungan dan pengakuan status pribadi dan status hukum setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting lainnya yang dialami penduduk pada masa yang akan datang secara berhasil guna, maka diperlukan Rencana Strategis (Renstra) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Menurut peraturan pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusutan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) adalah dokumen perencanaan SKPD untuk periode lima tahun Renstra SKPD merupakan dokumen perencanaan yang bersifat indikatif yang memuat Visi, Misi, Tujuan, Strategi, Kebijakan, dan program-program pembangunan Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 54 tahun 2010 yang akan dilaksanakan langsung oleh SKPD maupun dengan mendorong peran aktif masyarakat untuk kurang waktu 2011-2015.







2.2         Visi dan Misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

2.2.1 Visi
Setelah melakukan analisis yang komprehensif dengan merujuk pada visi, misi, dan arah kebijakan pemerintah kabupaten bel, maka dinas kependudukan dan pencatatan sipil merumuskan visi” tertib administasi kependudukan dengan pelayanan prima menuju penduduk berkwalitas tahun 2018

2.2.2 Misi
Untuk mewujudkan visi yang di rumuskan, maka perlu di jabarkan dalam misi dinas kependudukan dan pencatatan sipil sebagai berikut:
1     Mengembangkan kebijakan dan sistem penyelengaraan pendaftaran penduduk, menerbitkan identitas bukti diri dan melagalisasikan perubahan status dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan
2 Mengembangkan dan memadukan kebijakan pengelolaan informasi hasil pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil sehingga mampu menyediakan data dan informasi kependudukan secara lengkap, akurat dan mutakhir yang di daya gunakan untuk kepentingan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan
3     Mengembangkan pranata hukum, kelembagaan serta peran serta masyarakat untuk mendukung proses pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi kependudukan guna memberikan kepastian dan perlindungan sesuai hak-hak penduduk
4     Merumuskan kebijakan pengembangan kependudukan yang serasi, selaras dan seimbang antara jumblah atau pertumbuhan penduduk, kwalitas serta penyebaranya dengan memperhatikan daya dukungalam dan daya tampung lingkungan
5     Menyusun perencanaan kependudukan sebagai dasar penyusunan perencanaan dan perumusan kebijakan daerah yang berorientasipada peningakatan kesejatraan penduduk melalui peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya administrasi kependudukan




2.3 StrukturOrganisasi












BAB III
LANDASAN TEORI

3.1         Pengertian KTP-EL
KTP-EL merupakan dokumen kependudukan yang memuat system keamanan / pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi yang berbasis pada database kependudukan nasional
                                                                            
3.2       Fungsi KTP-EL
1.      Sebagai identitas jati diri
2.      Berlaku nasional, sehingga tidak perlu lagi membuat KTP lokal untuk pengurusan izin, pembukaan rekening Bank, dan sebagainya
3.      Mencegah KTP ganda dan pemalsuan KTP
4.      Terciptanya keakuratan data penduduk untuk mendukung program pembangunan

3.3    Syarat

  1. Melakukan Perekaman KTP-EL
  2. Foto kopi kartu keluarga  (KK)
  3. Foto copy ijazah bagi yang nama atau tempat tanggal lahirnya tidak sesuai dengan KK
3.4     Tujuan atau manfaat KTP-EL
1.      Identitas jati diri tunggal
2.      Tidak dapat di palsukan
3.      Tidak dapat di gandakan
4.      Dapat dipakai sebagai kartu suara dalam pemilu dan pilkada


 

 







   BAB IV
PEMBAHASAN

3.5       Langkah – Langkah pencetaka E-KTP
1.      Buka aplikasi BCardMenagement

2.      Gunakan user dan password
misalkan username: ratna

                 password:123456.


4.       Pada saat login BCardmanagement operator diminta untuk melakukan verifikasi sidik jari

 








5.     Tampil aplikasi BCardmenagement untuk memulai pencetakan, klik menu perekaman data ke chip dan personalisasi
6.Ketik NIK kependudukan kemudian klik mulai

7.     Letakan balangko KTP –el diatas smardcard kemudian klik menu personalisasi tungguh beberapa saat kemudian akan muncul sebuah pesan seperti gambar di bawa ini lalu klik (OK)



          8.      kemudian pilih menu cetak tungguh muncul tulisan “tampilan kartu ke page printer                          untuk      pencetakan kartu 
9.      letakan balanko KTP elektronik ke dalam printer pencetak dengan posisi symbol         garuda menghadap ke atas kemudian klik ok

10.    selanjutnya pada layar monitor muncul tampilan print baru kemudian klik pada symbol printer untuk mencetak




                                                              








                                                                            BAB V
 PENUTUP
      5.1       Kesimpulan
Dengan adanya prakek kerja industri penulis dapat memperoleh manfaat dari pengalaman selama menghadapi praktek kerja industri Adapun pengalaman yang penulis dapat yaitu, pencetakan KTP elektronik. Dari pengalaman – pengalaman tersebut penulis dapat belajar bagaimana bekerja yang sebenarnya dalam dunia perkantoran
KTP elekronik diterbikan oleh kantor dinas kependudukan




5.2     Saran
Mengingat masih adanya banyak kekurangan dari pihak sekolah, maka penulis menyarankan agar dari pihak sekolah dapat mennyiapkan pelatihan yang produktif disekolah guna membantu siswa/siswi dalam memasuki UAN serta mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian praktik produktif
Ø   Membangun Positif

5.2.1   Untuk Kantor
Apabila pada waktu mendatang ada siswa/siswi SMKN 1 Kefamenanu yang mengadakan kegiatan PRAKERIN di lembaga ini, maka diharapkan agar dapat diberi tugas yang lebih banyak untuk dapat menambah wawasan serta pengalaman yang bermanfaat bagi masa depan mereka.







5.2.2        Untuk Pihak Sekolah
Membantu adik-adik kelas X untuk lebih mempersiapkan diri sebelum turun ke PRAKERIN dengan menyediakan sarana sesuai kebutuhan bidang keahlian yang dipilih siswa-siswi untuk praktek disekolah di sertai pula dengan waktu yang cukup dan biaya yang dipungut dari siswa-siswi agar digunakan sesuai peruntukkannya sehingga kedua belah pihak dapat memperoleh keuntungan.

5.2.3   Untuk Peserta Prakerin
Bagi para peserta PRAKERIN semoga apa yang telah kita dapati didunia DUDI dapat kita gunakan sebagai bekal masa depan kita yang lebih baik juga dapat mendorong kita untuk semakin giat belajar untuk mempersiapkan diri kita masing-masing dalam menghadapi Ujian Akhir Nasional.























Komentar